Jumat, 01 Juli 2011

10,000mph Pesawats Cramjets Hypersonic Dalam Perjalanan

Share

 


Mesin jet yang memungkinkan penumpang dapat bepergian dengan kecepatan 10.000 mph akan segera terealisasi. Hypersonic screamjets telah dikerjakan selama bertahun-tahun, tapi sebenarnya scramjet ini bukanlah suatu pesawat, melainkan sebuah misil yang dinamakan Boeing X-51A. X-51A dibuat untuk membuktikan bahwa scramjet benar-benar bisa bekerja. Dan peluncuran pertamanya dijadwalkan pada bulan Desember nanti.

Jika penelitian ini dapat membuat scramjets lebih praktis, maka dia dapat menggantikan mesin jet dan roket. Jet dapat mencapai 1.6 Mach, sementara itu sekarang pesawat mata-mata SR-71 Blackbird dapat mencapai 3.3 Mach. Sedangkan roket dapat mencapai 25 Mach, tapi untuk mencapai kecepatan seperti itu roket membutuhkan ribuan ton oksigen cair.

Scramjet tidak bisa secepat pesawat ruang angkasa, tapi dia dapat mengalahkan kecepatan jet. Secara teori dia dapat berakselerasi sampai 15 Mach. Tapi jangan berharap bepergian dari New York ke L.A. dalam 45 menit, itu belum saatnya karena tehnologi hypersonic masih membutuhkan banyak waktu agar benar-benar dapat dijadikan pesawat terbang penumpang.


ganool.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Tolong berikan komentar atau kritik dan sarannya...

 
Powered by Blogger