Kamis, 21 Juni 2012

5 Asteroid yang Pernah Memasuki Bumi

Share


Asteroid merupakan benda langit yang memiliki ukuran lebih kecil daripada planet dan bergerak mengelilingi matahari. Namun ada juga yang berpendapat bahwa asteroid merupakan planet minor (kecil) yang memiliki ukuran lebih kecil daripada planet namun lebih besar daripada meteoroid, dan umumnya terdapat di dalam sistem tata surya. Sementara meteoroid merupakan partikel kecil yang terlepas dari komet ataupun asteroid. Dampak jatuhnya asteroid dikabarkan menjadi faktor perubahan iklim secara global, sehingga berdampak pula terhadap ekosistem di bumi. Berikut uniknya.com merangkum 5 asteroid yang pernah memasuki bumi:

1. Hermes
Sebuah fenomena alam terjadi di saat masih banyak manusia yang tidak memerdulikan dunia astronomi. Pada tahun 1937 sebuah asteroid dikenal dengan nama Hermes jatuh menghantam bumi.Walaupun ukurannya kecil hanya berdiameter 1 km, namun bukanlah hal yang menyenangkan jika menimpa tubuh ataupun properti kita.Sayangnya belum banyak yang mendokumentasikan yang mencatat lebih rinci mengenai asteroid ini, mungkin disebabkan karena daya tarik masyarakat terhadap ilmu astronomi masih kurang.

2. Dinosaurus
Dinosaurus merupakan salah satu nama asteroid yang paling dikenal dalam sejarah perjalanan bumi. Para ilmuwan dan penelti meyakini bahwa asteroid ini sebagai salah satu penyebabnya punahnya binatang purba, dinosaurus. Menurut keterangan, asteroid yang menghantam bumi ini berdiameter 15 kilometer, kekuatan hantamannya hampir sama dengan 15 kali kekuatan bom atom. Akibatnya, dikabarkan bumi mengalami musim dingin yang panjang. Dan musim dingin itulah yang diduga membunuh dinosaurus, karena berlangsung hingga ratusan tahun.

3. Tunguska, Siberia
Asteroid Tunguska menabrak atmosfer bumi dan jatuh di Krasnoyarsk, Rusia pada 1908. Dikabarkan bahwa benturan asteroid tunguska sebagai salah satu yang terkeras di era modern. Terkeras karena dilihat dari dampak benturan yang menyebabkan kerusakan parah dan menimbulkan rasa ketakutan yang masif. Bagaimana tidak, para ilmuwan menggambarkan bahwa ledakan tersebut hampir sama dengan bom atom yang meluluhlantakkan Kota Hiroshima. Diameter asteroid itu berdiameter 12 kaki, dan beruntung jatuh dikawasan yang tidak berpenduduk, namun menumbangkan 80.000 pepohonan yang ada di Hutan Krasnoyarsk.

4. Chiling-Yang
Meskipun benturan asteroid Tunguska merupakan yang paling dahsyat dalam sejarah modern, namun yang paling mengerikan adalah asteroid chiling-yang. Sebuah asteroid memasuki atmosfer langit China pada 1490, benda langit itu tidak jatuh dalam bentuk bongkahan batu besar melainkan pecahan bebatuan kecil dan jatuh menghujani mahluk-mahluk yang ada di bawahnya. Gesekan hebat yang terjadi di lapisan atmosfer menyebabkan asteroid besar masuk ke bumi menjadi hujan asteroid yang menakutkan. Penduduk Chiling-Yang yang berada di bawahnya pun kalang kabut berlarian di hujani bebatuan api. Tidak jelas berapa jumlah korban jiwa, namun berdasarkan catatan yang dibuat di zaman Dinasti Ming tercatat 10.000 orang tewas akibat hujang asteroid ini.

5. Meteroid Cricket
Pada Juli 2010, sebuah pertandingan cricket harus diinterupsi oleh sebuah meteorit berusia 4.5 milyar tahun yang masuk ke dalam stadion. Meteorit itu terpecah menjadi dua di atas tanah, dan sangat tidak beruntung bagi Jan Marszel yang terkena oleh salah satu pecahan meteorite. Jan terluka namun bisa pulih, dan ia menyimpan batu tersebut sebagai kenang-kenangan.(**)

sumber : uniknya.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Tolong berikan komentar atau kritik dan sarannya...

 
Powered by Blogger